Jumat, 25 Agustus 2017

Mengenal Teks Anekdot

 

    Berbicara tentang anekdot, sebenarnya apa si arti dari teks anekdot itu sendiri? Teks Anekdot adalah karangan cerita yang bisa jadi dari pengalaman hidup seseorang yang di tulis secara singkat, pendek,dan lucu. dalam teks anekdot tidak hanya berisikan kisah lucu saja, melainkan terdapat juga amanat, dan pesan moral di dalamnya. Topik yang diangkat pun juga beragam muali dari pendidikan, politik,hukum, dan sebagainya.

     Mempelajari teks anekdot tidak sekedar untuk membuat cerita singkat yang penuh humor,karena teks anekdot sendiri mempunyai tujuan khusus dan tujuan umum. Tujuan umum nya yakni dapat menghadirkan sebuah cerita yang unik dan menghibur pembaca. Sedangkan tujuan khusus nya yaitu memberikan pesan moral, amanat dan kritik yang ada dalam teks.

      dalam menulis teks anekdot sebaiknya anda memahami struktur dari teks anekdot sendiri. dalam struktur teks anekdot ada beberapa istilah yang harus anda pahami secara beurutan. berikut adalah penjabarannya :
             
          1.      Abstrak : bagian awal, atau bagian yang menggambarkan isi cerita.

          2.     Orientasi : awal mula,dan latar belakang terjadinya suatu masalah.

          3.     Event : rangkaian peristiwa yang terjadi

          4.     Krisis : bagian dimana maslaah dan konflik muncul

          5.     Reaksi : langkah-langkah penyelesaian maslaah yang ada di bagian krisis

          6.     Koda : Perubahan yang terjadi pada tokoh

          7.     Re-orientasi : bagian akhir atau penutup

Setelah  mengetahui tentang  teks anekdot,adapun manfaat yang dapat  diperoleh yaitu:

   *   Anda dapat menuangkan ide dengan topik yang tak terbatas,

   *   Kemampuan mengarang cerita terasa,

   *   Lebih peka terhadap setiap permasalahan yang ada,

   *  Menjadi media komunikasi yang baik untuk menyampaikan sebuah kritikan yang berpesan moral.


Contoh teks anekdot:
         Kereta dan tukang ketupat tahu


Pada suatu hari, seperti biasa, dari pagi sampai siang tukang ketupat tahu berjualan di sekolahan SMP 4 Tasikmalaya; jam 12 siang, dia biasanya menyusuri rel kereta untuk mengambil jalan pintas ketempat dagangan selanjutnya, yakni Pasar Pancasia.

Tapi kebetulan pada hari itu,dagangannya telah habis. pembeli terakhirnya membeli ketupat tahu disisi rel kereta. Setelah pembeli terakhirnya membeli, tukang ketupat tahu itu membersihkan piringnya yang berwarna merah lalu mengeringkannya dengan cara dikibas-kibaskan.
Kebetulan lagi, saat itu ada kereta yang melintas. Melihat ada tanda merah dikibas-kibaskan dari jauh, masinis kereta itu kaget lalu menginjak rem keras-keras. Sangkanya ada hal darurat yang membahayakan. Lalu kereta berhenti tepat di samping tukang kupat tahu tadi.
Masinis: “Ada apa, pak?”
Tukang Kupat Tahu: “Gak ada apa-apa, pak, tinggal bumbunya saja.”
Seraya meringis, dalam hati masinis bergumam "golok mana golokkkk"



Itu adalah penjelasan dan salah satu contoh dari teks anekdot, semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca,dan menambah referensi untuk membuat cerita yang menarik.


1 komentar: